Camping Di Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Camping Di Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Camping Di Ranu Kumbolo Gunung Semeru Mahameru menjadi salah satu daya tarik lainnya buat para pendaki gunung Semeru di Jawa Timur.Danau Ranu Kumbolo merupakan telaga air yang sangat indah berada di kawasan taman nasional gunung bromo tengger semeru. Lokasi danau berada di ketinggian 2400 mdpl. Sumber air dengan luas kurang lebih 14 Hektar.

Ranu Kumbolo ini merupakan salah satu dari beberapa telaga air yang terdapat di gunung Semeru. Ada Ranu Pani, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo. Ranu sendiri berarti telaga. Sedangkan Kumbolo ini mungkin dari gunung Regulo, gunung dari jajaran gunung Bromo Tengger Semeru sebelum ke puncak Mahameru.

Untuk mencapai Ranu Kumbolo harus menempuh waktu 4-5 jam perjalanan dari Desa Ranu Pani. Desa yang menjadi basecamp pendakian. Beberapa syarat dan administrasi harus ditempuh untuk mencapai danau ini sama halnya untuk mendaki ke puncak Mahameru.

Ranu Kumbolo menjadi tempat yang menyenangkan bagi para pendaki untuk ngecamp selama pendakian ke puncak Mahameru. Bahkan banyak yang datang jauh jauh hanya untuk camping di Ranu Kumbolo.

Di Ranu Kumbolo ini terdapat prasasti peninggalan jaman Majapahit yang sudah berumur ratusan tahun. Memoriam pendaki yang sudah meninggal juga terdapat di Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo di Pagi hari, matahari terbit di antara dua bukit yang menjadi benteng dari telaga air. Pagi hari sebelum matahari bersinar memang terasa dingin. Namun, begitu matahari sudah terbit terlihat kombinasi antara kabut, sinar matahari dan telaga itu sendiri.

Saat cuaca cerah ketika malam hari datang, pantulan sinar bulan dan bintang terlihat begitu berjajar berpantulan di atas air telaga. Namun siap-siap merasakan dingan karena suhu udaranya bisa mencapai 0 derajat celcius.

Karena merupakan tempat camping yang asyik, banyak juga para pendaki yang membuang hajat (maaf, buang air besar) di sekitar tempat ini. Namun cara membuang hajatnya tidak mengikuti prosedur di alam. Jadi hati-hati saja ketika jalan-jalan sekitar Ranu Kumbolo, banyak ranjau bertebaran.

Ranu Kumbolo menjadikan salah satu tempat untuk mengambil air dalam rangka pendakian gunung Semeru. Untuk menjaga kelestariannya maka perlu beberapa aturan yang dilarang disitu seperti buang hajat di telaga, mencuci piring dan peralatan makan pendakian di telaga secara langsung menggunakan deterjen.

Pos ini dipublikasikan di Ranu Kumbolo dan tag , . Tandai permalink.